Resep Masakan Simple buat Si Super Sibuk, Cuma 5-15 Menit

Telur dadar (5 menit)

Bahan : 3 butir telur ayam, 1 batang daun bawang, 3 buah cabai, 3 siung bawang merah dan garam secukupnya

Cara : iris tipis semua bahan, campurkan telur, tambahkan garam dan goreng. (cukup untuk 4 porsi)

 

 

Pecel simpel (5 menit)

Bahan : 1 ikat bayam, 1 ikat kacang panjang, toge secukupnya dan bumbu pecel kemasan

Cara : bersihkan semua sayuran lalu potong-potong sesuai selera, rebus hingga matang atau sesuai selera. Campurkan bumbu pecel kemasan dengan air hangat, larutkan. Tuang bumbu pecel yang sudah cair diatas sayuran rebus. (cukup untuk 2-3 porsi)

Sayur bening bervitamin (10 menit)

Bahan : 2 ikat bayam, 1 buah jagung muda, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 5 buah cabai, 2 helai daun salam, ½ buah tomat dan garam secukupnya.

Cara : bersihkan bayam dan jagung, lalu potong-potong sesuai selera. Tumis bawang merah,bawang putih dan cabai yang sudah diiris serta daun salam. Masukkan bayam, jagung dan irisan tomat. Tambahkan air sesuai selera dan garam secukupnya. (cukup untuk 4 porsi)

 

Catt : bayam bisa diganti dengan sawi hijau, sawi putih, buncis, oyong, labu siam atau mentimun.

 

Ikan goreng dabu-dabu (10 menit)

Bahan : ikan kakap ukuran sedang (200gr), 2 buah cabai merah besar, 3 buah cabai rawit, 2 siung bawang merah, 1 buah tomat, 1 buah jeruk nipis, daun kemangi, garam dan minyak goreng.

Cara : goreng ikan diatas panci teflon tanpa minyak. Iris cabai,bawang dan tomat, masukkan dalam 1 wadah, aduk rata bersama garam, daun kemangi dan perasan jeruk nipis. campurkan dengan minyak goreng. Tuang ikan goreng dengan bumbu. (resep dari Ririe)

Orek tempe hitam manis (15 menit)

Bahan : 1 buah tempe ukuran sedang (iris kecil-kecil sesuai selera), 5 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 5 buah cabai, 2 lembar daun jeruk, kecap dan garam secukupnya.

Cara : goreng tempe hingga kering, tumis cabai,daun jeruk, bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris, masukkan tempe, campurkan dengan kecap sesuai selera, tambah kan garam secukupnya. (cukup untuk 3 porsi)

Catt : tempe bisa ditambahkan bakso atau diganti dengan tahu.

Gurame asam pedas (15 menit)

Bahan : 1 ekor gurame ukuran sedang, 1 buah bawang bombai ukuran sedang potong dadu, 1 batang daun bawang potong sepanjang 1 cm, 1 buah wortel  potong korek api, saus sambal, saus tomat, saus tiram, 1 buah jeruk nipis, garam secukupnya.

Cara : bumbui gurame dengan garam dan perasan air jeruk nipis, diamkan. Tumis bawang bombai, wortel dan daun bawang. Masukkan saus sambal,saus tomat dan saus tiram sesuai selera. Goreng gurame,angkat. Siramkan bumbu ke atas gurame goreng.

Catt : ikan bisa diganti dengan cumi, ayam, kepiting, udang ataupun sosis.

About these ads

About Aliya Mu'afa

Backpackers, graphic designer, blogger and founder triphemat.com

Posted on December 1, 2010, in Masak-masak yuk...., my journal, Wisata kuliner. Bookmark the permalink. 20 Comments.

  1. wahh.. enjoy bgt saya baca blog mba^^

  2. simple… boleh di coba tuh ikan guramenya.. makasiee ya infonya

  3. salam kenal, oia pengen belajar resep2 lainnya ne mbak. boleh ya?
    trims

  4. huenak buanget

  5. wehhhh n mantab to……mampir ke web kami yah…..http://syahidahpulsa.com

  6. kanya octavirani

    hhhhhmmmmmmmm………. kayaknya enak tuuuh aku siih maunya yang kue2 teruus bisa dibuat sama anak keciil hahaha

  7. kok makanan nya simple banget iiah ,,
    tlor dadar kan gampang 5 mnt ,, sudh hehe .. jgn trsinggung eah ..

    • dear mbak puput…nama judul tulisannya saja sudah resep masakan simple yang mana cm butuh waktu 5-15 menit. jadi sepertinya gak ada yg salah jika telor dadar masuk ke resep ini kerena memang sangat simple dan bikinnya cm bth waktu 5 menit

  8. Aku suka sm resepnya bhnnya juga enak buat dicari…
    Simple banget…

  9. Aku suka resepnya enak and simple gila…
    thanks ya…

  10. bisa buat bekal tuh.. saya suka resep kakak ^^ lumayan bisa suruh mama buat bekal ke sekolah ku ^^ Ajib dah resep kakak ^^

  11. weee ndo’eee…
    degaga wettu mebbu akkarro..
    degaga ga ia ma simple eeee.. :D

  12. yang lebih simple ada gak mbakk…
    btuh banget nieccchh buat reunian bareng teman2
    yg lbih simple ad gak ya ?????? :D

  13. Wahh…Simple…:-)

  14. Good :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 69 other followers

%d bloggers like this: