Curug Luhur, Keindahannya yang tak lagi alami

Kecintaan saya untuk berwisata alam terutama curug (air terjun) coba saya tularkan ke adik-adik sepupu saya…..Jadi ketika libur lebaran th 2009 lalu saya mengajak mereka berwisata ke Curug Luhur diCiapus Bogor. Berbekal informasi yang kami dapatkan dari si mbah Google kami brangkat ke Curug Luhur dengan persiapan yang cukup.

saya dan curug luhur

Curug luhur terletak di lalulintas jalan raya Bogor – Gunung salak Endah. Letak yang relatif mudah dijangkau inilah yang menjadikan ramainya curug luhur dikunjungi setiap saat.

Perjalanan kami mulai dari rumah sejak pukul 8 pagi. Karena kami menggunakan kendaraan umum jadi rute yang kami ambil adalah Kampung Rambutan – Terminal Baranangsiang – Ramayana – Ciapus. Tips dari saya, ketika hendak menaiki angkot ke Ciapus sebaiknya anda bilang ke supir angkotnya kalau anda ingin ke Curug Luhur. Karena angkot trayek ini melewati 2 wisata curug sekaligus. Yaitu Curug Nangka dan Curug Luhur.

Atau jika anda ingin berwisata ke curug ini menggunakan  kereta, anda turun di stasiun kereta bogor lalu anda naik angkot jurusan Ramayana dan disambung dengan angkot lagi tujuan Ciapus. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi perjalanan ke Curug luhur, bisa melalui beberapa alternatif jalan, salah satunya dapat melalui jalan raya Bogor kearah leuwiliang, belok di pertigaan Cikampak, dan menelusuri jalan menuju tenjolaya (Belok kiri terus), maka akan sampai di Curug Luhur.

baru sampai di curug luhur

Butuh waktu 2,5 jam bagi kami untuk menuju curug ini, perjalann paling berat yang kami lalu justru ketika menaiki angkot jurusan Ciapus dari Ramayana karena ternyata jaraknya jauuuuuuuuuhhhhhh……banget. Ya kira-kira hampir sama lah dari jarak Jakarta-Bogor, tapi kali ini menggunakan angkot dan dengan jalan yang nenanjak serta berliku…yah kalo ngga makan mungkin bisa muntah karna pusing kali ya….

curug luhur yang rameeeee......banget

curug luhur yang rameeeee......banget

Sesampainya di sana, suasana yang kami temui adalah suasana layaknya tempat rekreasi ketika musim libur tiba. Sumpah rameee……banget!!! dan mungkin karena musin liburan ya, jadi tiket masuk pun yang pada hari normal cuma 10.000 kini menjadi 15.000. Awalnya menurut saya ini adalah tiket termahal untuk memasuki wisata curug. Tapi ketika masuk ke dalam saya akhirnya tau alasannya. Ternyata di lokasi ini sudah dibangun banyak fasilitas serta kolam renang yang mengelilingi lokasi Curug Luhur. Sayangnya Kolam renang yang dibangun sangat tidak teratur dan dibangun dengan konstruksi seadanya hingga membuat lokasi ini menjadi kurang indah dan meminimalisasi kealamian wisata curug. Pun dengan fasilitas yang dibangun, sungguh tidak teratur. Hmm…sayang banget ya???

Tapi tak apalah…..udah jauh2 kesini, masa mau pulang lagi???? kami pun segera berganti pakaian dan main air. Hal pertama yang kami lakukan yaitu mencoba perosotan yang letaknya persis di samping air terjun. Wusss……byuurrrrr…..perosotan yang terbuat dari ubin dan kemiringannya hampir tegak lurus ini hampir saja membuat jantung saya copot!!! hahaha.

Masih penasaran dengan curugnya, kami pun mencoba bermain air di kolam curug. Kolam Curug Luhur ini terhitung cukup lebar dan semakin mendekati curug semakin dalam, konon terdapat pusaran air dibawahnya yang mampu menyedot orang bila tidak berhati-hati. Hihihi untung kami di pinggirannya saja, maklum lah…ngga ada yang bisa berenang sampai ketengah apalagi mendekati curug. Curug Luhur ini memiliki ketinggian

sekitar 30 meter, dengan debit air yang cukup deras, curug ini terlihat sangat indah dan percikan airnya membentuk pelangi.

kolam renang di curug luhur yang dipadati pengunjung

Belum puas dengan perosotan yang hampir tegak lurus dan kolam curug, Kami nekat mencoba perosotan paling tinggi yang letaknya dekat pintu masuk. Melihat perosotan yang sangat tinggi (kira-kira panjangnya 50 meter dengan ketinggian 25 meter), akhirnya cuma saya dan sepupu saya yang punya nyali untuk tetap mencoba perosotan ini. Kami pun menaiki anak tangga untuk mencapai tempat meluncur yang paling tinggi. Melihat keberanian kami berdua untuk meluncur dari tempat yang paling tinggi, anak2 yang meluncur dari tengah-tengah perosotan pun segera minggir dan sesaat kemudian para pengunjung yang berenang di kolam tersebut ikut memperhatikan keberanian kami berseluncur.

1..2…3… dengan suara2 yang menyemangati kami, akhirnya kami meluncur. Wusssssssss bug bug bug byurrrrrrr….posisi saya yang salah ketika meluncur membuat saya beberapa kali kepentok dinding perosotan, dan sialnya yang

kepentok adalah muka saya yang kala itu mengenakan kacamata (duh goblok banget ya mw seluncuran masih aja pake kacamata). Hasilnya adalah, udah

jantung serasa mw copot, disambut dengan tepukan tangan para pengunjung, badan sakit-sakit karena kepentok, hidung serasa patah dan yang paling sial adalah kacamata saya retak !!!! ohhh….damn!!! langsung bete banget deh….hiks2 kacamata buat saya sudah seperti mata asli, ngga bisa deh pokoknya kalo tanpa kacamata. Maklum saya kan minus 6. Hiks2 parah ya??

tetep eksis dengan kacamata retak...hihihi

Ngga lama setelah kejadian seluncur membawa petaka itu, kami memutuskan untuk pulang….toh sudah jam 2 siang,  dan kami masih ingin berwisata kuliner di Warung Taman yang berlokasi di jl. Salak tepatnya di belakang Taman Kencana.

Curug Luhur….andai di urus secara professional, mungkin akan menjadi salah satu water park dengan pemandangan alam eksotis karna berenang dengan pemandangan air terjun yang sangat indah dan bukit2 nan asri.

About Aliya Mu'afa

Backpackers, graphic designer, blogger and founder triphemat.com

Posted on March 25, 2010, in Travelling. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: