Robin Hood – Asal Mula Sebuah Legenda dari abad ke 9

Robin Hood adalah Robin Longstride, seorang mantan prajurit Raja Richard The Lion Heart yang melegenda melalui berbagai kisah. Robin dikenal sebagai prajurit ahli memanah yang jujur dan berani membuat dirinya begitu dicintai rakyat yang dibelanya dari tirani kerajaan Inggris. Berbeda dari beberapa versi Robin Hood sebelumnya, yang di paparkan pada film ini  adalah sebuah kondisi dimana Robin masih menjadi prajurit dan kejadian demi kejadian hingga membuatnya menjadi penolong rakyat sekaligus buruan kerajaan Inggris. Tak ketinggalan, di film ini juga mengangkat beberapa sejarah kerajaan Inggris Raya dan kisah percintaan Robin dengan Lady Marion.

Film yang dikemas semi kolosal ini berawal dari meninggalnya Raja Richard  pada sebuah peperangan hingga sebagian prajurit diutus untuk memulangkan mahkota raja ke kerajaan dan Robin memutuskan untuk pulang kampung bersama beberapa rekannya. Namun diperjalanan rombongan prajurit yang membawa mahkota raja diserang sekelompok orang dan dibantai. Dalam kejadian ini Robin bersama rekan-rekannya secara tidak sengaja menemukan mereka dan memutuskan untuk meneruskan misi mengembalikan mahkota raja setelah mendapat keterangan apa yang terjadi sebenarnya oleh prajurit yang sedang sekarat. Dari prajurit inilah Robin juga diamanatkan untuk mengembalikan sebuah pedang ke Walter Loxley di Nottingham hingga bertemu dengan sang Lady Marion yang ternyata janda sesama prajurit Raja Richard yang mengamanatinya.

Seiring dengan diangkatnya John, adik Richard, sebagai Raja Inggris yang sama sekali tidak kompeten apalagi karismatik setelah Robin mengembalikan mahkota, Inggris menjadi semakin kacau dengan merajalelanya korupsi dan penindasan rakyat hingga mengantarkan Inggris diambang kebangkrutan serta konflik dengan Prancis setelah menyusupnya orang kepercayaan Prancis untuk memantau serta mengacaukan kondisi kerajaan.  Dari sinilah muncul perlawanan dari para bangsawan pada kepemimpinan John hingga melahirkan perjanjian Magna Charta.

Dari lahirnya perjanjian ini sebetulnya rakyat sudah mulai kembali bersatu dan bangkit dari keterpurukan hingga mampu melawan seluruh prajurit Prancis yang menyerang Inggris. Namun Robin yang memimpin perlawanan tersebut justru dijadikan buruan kerajaan oleh Raja John.

Buat saya, film ini sangat luas karena ternyata tak hanya menceritakan sosok Robin seperti pada judulnya. Film yang disutradarai oleh Ridley Scott ini mendapuk sejawatnya yakni Russel Crowe sebagai Robin Hood yang ternyata merupakan tokoh idola Crowe sejak kecil. Sang sutradara mengemas film ini menjadi begitu berbeda dengan plotnya sendiri karena memang tak ada plot yang otentik mengenai legenda Robin Hood ini hingga membuat Scott begitu leluasa menciptakan Robin Hood versinya sendiri.

Robin Hood di film ini juga digambarkan sebagai sosok serius dan berambuut cepak, bukan Robin yang gondrong dan jenaka pada versi-versi sebelumnya. Satu fakta unik yang terjadi pada film ini tenyata Russel Crowe adalah aktor tertua yang memerankan sosok Robin.

Film berdurasi 2 jam ini juga banyak menyajikan perang-perang heroik yang menggambarkan pertumpahan darah penuh kesadisan hingga tidak disarankan untuk ditonton oleh anak dibawah umur. Buat pecinta Robin Hood, film berbau sejarah serta film-film kolosal, Film bermodal 130 juta Dolar ini sangat saya rekomendasikan.

About Aliya Mu'afa

Backpackers, graphic designer, blogger and founder triphemat.com

Posted on May 19, 2010, in Review Film. Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Tulisannya sangat informatif sekali..
    Buat saya yang sudah menontonnya, menimbulkan hasrat untuk menonton kembali film ini..
    Saya suka gaya kamu menulisnya.. Terkesan santai walaupun isinya sangat serius.. TOP TOP TOP..

  2. wah….terima kasih pak, bangga sekali tulisan pertama saya ttg review film ini di bilang top sama pemerhati film….he2

  3. berhubung gue suka sama sejarahnya Inggris, kayaknya emang bagus juga nih buat di tontong thanks ya neng referensinya..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: