DARAH GARUDA – the best Indonesian heroic film

Darah GarudaSetelah berhasil merebut perhatian jutaan penonton tahun lalu, kini lanjutan dari trilogi Merah Putih akan segera tayang di bioskp pada 8 September 2010 dengan judul DARAH GARUDA. Film yang berdurasi 100 menit ini disutradarai oleh Yadi Sugandi dan Conor Allyn serta melibatkan ahli perfilman terbaik dan berpengalaman di Hollywood. Maka tak heran jika efek-efek yang disuguhkan pun sangat apik dan mengagumkan.

Film yang berlatar belakang agresi militer Belanda pada tahun 1947 ini bercerita tentang perlawanan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih 2 tahun sebelumnya. Perjuangan kali ini pun dirasakan lebih berat bagi Amir (Lukman Sardi), Thomas (Donny Alamsyah), Marius (Darius Sinathrya), Dayan (T. Rifnu Wikana) dan Senja (Rahayu Saraswati) setelah bergabung dengan pasukan Jendral Sudirman serta mendapat tugas khusus yang berat dan sangat beresiko dengan perlengkapan seadanya. Belum lagi dengan penghianatan orang dalam yang sangat membahayakan misi mereka dan adanya kaum separatis Islam yang mereka temui ketika menyelamatkan diri ke hutan dari serangan tentara Belanda.

Pengorbanan demi pengorbanan pun telah dilakukan demi keberhasilan misi yang mereka jalani secara gerilya. Bahkan Budi (Aldy Zulfikar) seorang prajurit anak-anak dan Astri (Atiqah Hasiholan) yang seorang pelacur pun turut berperan dalam keberhasilan misi tersebut. Dengan kepungan musuh dari luar dan dalam, intrik, strategi jitu serta keberanian luar biasa pun sangat ampuh untuk menyiasati sebuah perlawanan untuk mencapai kemerdekaan.

Film yang temponya agak lamban di awal ini sangat berhasil membangunkan emosi serta adrenalin penonton yang disuguhkan adegan menegangkan ala peperangan dengan tembakan beruntun dan ledakan-ledakan dahsyat. Belum lagi beberapa peran Darius disini sangat menggemaskan dengan nyali yang sangat minim. Hingga membuat ending film ini begitu sempurna sebagai film heroik. Film Darah Garuda ini sangat pas disuguhkan pada liburan lebaran dan sangat amat sayang jika dilewatkan begitu saja, karena film ini punya muatan moral serta nasionalisme yang sangat berharga.  4 setengah bintang untuk film ini. Sangat keren!!!

About Aliya Mu'afa

Backpackers, graphic designer, blogger and founder triphemat.com

Posted on August 20, 2010, in Review Film and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. oyah?? jd pngn nonton… yuk, yuk yuk!!🙂

    • iya serius mas…film perjuangan jaman dulu yang udah dipoles sama ahli efek dari holywood jadinya keeren bgt tanpa menghilangkan ke-Indonesiaannya yang berjuang dg senjata seadanya. pokoknya WAJIB NONTON!!! yuk aku temenin…hehehe

  2. sayang di seri yang ke-2 ini, dialognya masih terlihat hasil translate dari bhs inggris. blm terasa indonesia percakapan antar aktornya. but overall, layak ditonton. 8/10 score.

  3. sdih… aku dah nonton jadi sedih….

  4. aku salut sama amir,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: