Rafting Dekat dan Murah, Taman Matahari aja

Rafting Taman Matahari

Olah raga rafting kini semakin digemari, selain memacu adrenalin, olah raga ini juga memiliki gengsi tersendiri (setidaknya buat saya :p) karena terkesan seru dan menjadi pengalaman baru yang sepertinya patut dicoba setiap orang yang menyukai tantangan.

Namun, provider olah raga ini biasanya jauh diluar ibu kota dan memakan banyak waktu perjalanan. Contoh: Citarik, Sukabumi.  Dan harus mengeluarhan kocek yang cukup dalam 250-350.000. Tapi semenjak dibukanya kawasan Taman Matahari, Puncak olah raga rafting dapat dijangakau dengan semakin mudah dan murah. Hanya sekitar 1.5 jam dari Jakarta dan 25.000 untuk jarak dekat (600 meter) atau 125.000 untuk jarak jauh (3 km).

Sebelum masuk bulan Ramadhan, saya mengajak beberapa teman kampus untuk mencoba olag raga air ini di Taman Matahari karena penasaran (secara belum pernah). Setelah meminjam mobil kantor dan mennentukan meeting point kami pun berangkat menuju kawasan Puncak Bogor. Tujuan wisata kali ini bukan cuma rafting, tapi juga ke wisata Curug Tujuh Cilember yang lokasinya berdekatan dengan Taman Matahari. Perjalanan pun kami lewati ngen sangat lancar tanpa kemacetan, padahal kami berangkat sudah pukul 07 lewat.

Rupiah pertama yang kami keluarkan untuk wisata kali ini yaitu untuk patungan bensin,supir dan tol masing-masing 40.000. rupiah selanjutnya kami keluarkan untuk sarapan pagi, tiket masuk Taman Matahari 5.000 dan rafting 25.000 (ambil jarak dekat). Rafting di sini memang tergolong untuk pemula karena medannya yang tidak terlalu extrim dan jarak yang pendek hingga cukup aman untuk naka-anak. Tapi tenang, tidak terlalu mengecewakan koq rafting di Taman Matahari. Keseruan yang adrenalin yang meningkat tetap kita rasakan meskipun lagi asik-asiknya tau-tau sudah sampai garis finish. Oiya, Taman Matahari juga menyediakan foto-foto kita yang sedang rafting loh, setiap foto dihargai Rp. 10.000 baik softcopy ataupun yang sudah dicetak. lumayan lah buat pamer kalau sudah pernah rafting😀

This slideshow requires JavaScript.

Selain rafting di Taman Matahari, sebetulnya ada juga provider rafting lain di Puncak dengan tingkat kesulitan medan pada level 4 (level tertinggi) dengan harga yang cukup terjangkau. Namun kurangnya publikasi menyulitakn saya untuk mencari informasi tentang provider tersebut.

Puas di Taman Matahari, kami segera menuju Curug Tujuh Cilember. Sesampainya disana keadaan sangat ramai dipadati pengunjung, maklum weekend. Dengan membayar Rp. 12.000 kami dapat menikmati curug ke tujuh (dari tujuh curug). Curug tujuh ini berjarak paling dekat dari pintu masuk. Dan hanya sekitar 100 meter dari taman konservasi kupu-kupu yang juga terdapat di kawasan wisata ini. Curug ini juga merupakan curug yang memiliki kolam cukup besar di bawahnya, maka tak heran curug ini merupakan curug yang paling ramai.

Sebetulnya ini kali ke dua saya datang ke curug ini, dulu tiket masuknya hanya Rp 6.000, namun kini mencapai dua kali lipat karena pembangunan maupun perbaikan fasilitas pendukung yang lebih memadai. Seperti mushola, kamar mandi, taman yang lebih tertata, tempat sampah yang lebih banyak dan lain-lain.

Sayang, tak lama berapa lama kami di Curug Tujuh Cilember ini tiba-tiba hujan turun dan membuat kami tak dapat menikmati keindahan curug lebih lama lagi. Setelah berteduh di kedai sekitar, kami segera kembali ke Jakarta untuk menghindari macet.

About Aliya Mu'afa

Backpackers, graphic designer, blogger and founder triphemat.com

Posted on October 25, 2010, in Travelling. Bookmark the permalink. 6 Comments.

1. sepertinya tempat ini menarik untuk wisata sekaligus liputan grup kami. semoga kami bisa ke sana segera. thanks. salam nusantara!!

2. Makasih banget ini postingannya, lumayan dapat info, kebetulan ada planning untuk liburan🙂

3. boleh dicoba.. ^^

4. perlukah reservasi?

5. thanks infonya, mau coba nih kayanya. btw, punya kontak untuk rafting Taman Mataharinya gak? mesti reservasi dulu atau langsung kesana aja ya?