Pulau Tidung, pesona syurga dekat Jakarta

jembatan cinta pulau tidung

Pulau Tidung adalah pulau terbesar yang ada di kabupaten kepulauan seribu Jakarta. Keindahannya semakin terkenal baru-baru ini seiring dengan banyaknya agen wisata yang menawarkan paket liburan dengan budget cukup terjangkau ke pulau yang terkenal dengan jembatan cinta-nya ini.  Selain jembatan cinta yang menghubungkan pulau tidung besar dengan pulau tidung kecil, pesona lain yang mampu menarik ratusan hingga ribuan wisatawan setiap minggunya ini adalah pantai pasir putih perawan yang ada di pulau tidung kecil. Pasirnya yang putih halus menjadi batas langsung dengan beningnya laut jawa.

Berbekal informasi dari beberapa teman yang telah menjelajahi indahnya pulau tidung serta contact person pak Amsir, orang yang kerap kali membantu wisatawan dalam urusan penginapan, penyewaan kapal dan lain-lain, akhirnya saya memutuskan untuk membuat tawaran wisata ke pulau tersebut. Dengan perhitungan budget  260.000/orang minimal 10 orang (sudah termasuk kapal muara angke-pulau tidung PP, makan 3x, alat snorkeling, penginapan, sewa sepeda, sewa kapal snorkeling dan guide), saya mulai memasarkannya di facebook,twitter maupun blog. Tujuannya hanya satu, agar biaya dapat ditekan. Karena umumnya kapal dan penginapan akan lebih murah jika kita menyewanya beramai-ramai agar cost dapat di bagi bersama.

Menjelang hari H keberangkatan, akhirnya hanya 19 orang yang ikut dari 24 orang yang mendaftar. Ke-5 orang tersebut mengundurkan diri dengan alasan cuaca buruk dan ancaman gunung anak Krakatau, padahal letaknya sangat jauh dari kepulauan seribu. Meeting point telah ditentukan di pom bensin muara angke, dan 3 jam kemudian kami telah sampai di pulau tidung. Pulau yang tengah jadi buah bibir sebagai tujuan baru wisata Jakarta.

suasana penyebrangan kapal di muara angke

Kapal telah merapat ke dermaga, dan kami ber-19 langsung disambut oleh pak Amsir dan mas Fajri sebagai guide kami selama di Pulau Tidung. Agenda kami selanjutnya adalah istirahat sebentar, perkenalan, makan siang dan dilanjutkan dengan snorkeling ke tiga pulau sekitar diantaranya pulau air, pulau payung dan pulau karang beras.  Dari 19 orang yang ikut, ternyata semuanya dari kalangan dan profesi yang berbeda, ada yang seorang model, manager artis, staff advertising, wirausahawan, mahasiswa hingga pegawai negeri sipil. Meskipun berbeda dan beberapa diantaranya belum saling mengenal, tapi kebersamaan kami langsung terasa hangat dengan saling melengkapi satu sama lain.

happy snorkeling

Lepas makan siang dan sholat zuhur, kami bergegas menuju dermaga untuk naik kapal sewaan menuju spot snorkeling. Spot snorkeling pertama yang kami nikmati yaitu pulau air, karena hampir semua diantara kami belum pernah snorkeling, maka jadilah ini pengalaman pertama kami. Rasa takut tenggelam mulai menghantui meskipun kami telah dilengkapi jaket pelampung. Untungnya mas fajri dan mas herman, abangnya cukup sigap sebagai guide untuk membantu.

underwater view of pulau air

underwater view of pulau air

Spot snorkeling pulau air merupakan spot terbaik yang dekat dengan Pulau Tidung, ikan-ikan kecil berwarna-warni dan gugusan terumbu karang yang indah banyak kami temui. Sedikit trik untuk mengundang ikan mendekat yaitu dengan menebar makanan ikan atau roti kering saat kita snorkeling. Sayang kapal kami terlalu menepi dengan pulau hingga kami acap kali menemui lokasi yang dangkal hingga kakil seringkali menginjak batang karang, tak heran banyak karang yang patah.

underwater view of pulau payung

underwater view of pulau payung

Spot snorkeling selanjutnya adalah pulau karang beras, namun karena mengejar waktu untuk menghindari cuaca yang kurang mendukung akhirnya kami langsung ke lokasi ke-3 yaitu pulau payung. Pemandangan pulau payung sendiri tak kalah bagus dengan pulau air, bahkan dilokasi ini jenis karang lebih beragam dan ukuran ikan lebih besar.  Jujur saja kami lebih menikmati snorkeling di pulau payung karena perairannya yang tidak dangkal hingga kaki kami sangat leluasa dan tidak kepentok karang. Faktor lainnnya mungkin ini adalah kali ke-dua kami bersnorkeling, jadi sudah mulai terbiasa dengan cara bernafas dari mulut menggunakan alat snorkel.

senja di jembatan cinta pulau tidung

sunset dari jembatan cinta pulau tidung

Puas menikmati keindahan bawah laut, akhirnya kami kembali ke pulau tidung besar, kali ini kami singgah ke jembatan cinta untuk menikmati sunset disana. Selama perjalanan saya memilih tidur untuk menghindari mabuk laut karena ombak cukup besar dan membuat kapal kami terombang-ambing.  Sayang, justru ketika saya tidur itulah ada segerombolan lumba-lumba melewati kapal kami.

Sunset di jembatan cinta memang menciptakan aura yang romantis, langit yang jingga berkolaborasi dengan desiran angin pantai di sore hari dan pemandangan yang sangat indah menciptakan suasana tersebut . kamipun tak menyia-nyiakan momen ini dengan berfoto sepuasnya.

Karena lelah bersnorkeling seharian, akhirnya rencana bersepeda keliling pulau tidung dimalam haripun kami ganti dengan tidur berjama’ah sebelum jam 9. Semua kelelahan dan memilih untuk beristirahat setelah puas makan malam dengan ikan bakar.

bergembira di jembatan cinta pulau tidung

jembatan cinta-maskot pulau tidung

Keesokan paginya, selepas sholat subuh kami bergegas menuju jembatan cinta lagi untuk menjemput sunrise menggunakan sepeda. Sayang, mendung menyelimuti mentari yang hendak menyapa kami dengan sinarnya yang hangat. Tapi kami sama sekali tidak mati gaya, mentari boleh saja tak muncul, tapi kami tetap menikmati setiap jengkal keindahan jembatan cinta  dan pulau tidung kecil. Puas keliling pulau tidung kecil, kamipun mencoba untuk lompat dari jembatan cinta setinggi  11 meter, percaya atau tidak, saya dan beberapa teman lainnya tidak bisa berenang, tapi kami nekat melompat dengan di jaga mas Fajri yang sudah stand by di bawah air. Tak tanggung-tanggung kami melompat dari jembatan tersebut hingga 2-3 kali. Awalnya memang sangat takut, takut ketinggian dan takut tenggelam. Tapi ketika melompat seketika ketakutan itu hilang berganti dengan rasa ketagihan ingin melompat lagi. Puas melompat dari ketinggian, beberapa diantara kami memilih untuk bermain banana boat dengan tarif Rp. 35.000. sempat ada kecelakaan kecil akibat permainan ini, kepala saya dan salah satu teman saling beradu ketika jatuh dari banana boat hingga membuat kepala saya benjol besar dan pelipis teman saya biru lebam, beruntung langsung dikompres dengan es batu. Puas bermain banana boat, bermain di jembatan cinta dan sekitar pulau tidung kecil, kamipun bergegas kembali ke penginapan untuk mandi dan bersiap pulang.

foto bersama, 19 peserta pulau tidung for backpacker

Selama perjalanan pulang kami memilih untuk tidur di kapal karena kelelahan dan untuk mengurangi kemungkinan mabuk laut karena ombak besar. Sampai di muara angke kami disambut oleh bau anyir yang menusuk hidung, namun bau tersebut tak mampu menghapuskan keindahan pulau tidung dan pesonanya dari benak kami.

Mau ke pulau tidung gak pake repot??

Mau ke pulau tidung secara swadaya??

  • Hubungi pak Amsir 081511892078

Biaya trip ke pulau tidung :

  • Ongkos kapal muara angke-pulau tidung PP 66.000
  • Penginapan (1 rumah dengan 3 kamar tidur,ruang keluarga,dapur dan 2 kamar mandi) 350-450.000
  • Sewa alat snorkeling (jaket pelampung,kaki katak,masker dan snorkel) 35.000
  • Makan (dengan menu seafood) 15-20.000
  • Sewa sepeda/hari/sepeda 15.000
  • Kapal snorkeling ukuran sedang untuk 20 orang 500-600.000
  • Guide 100.000
  • Banana boat 35-40.000
  • Kelapa muda 5-7.000

Tips wisata ke pulau tidung :

  • Urus lah segala kebutuhan wisata secara swadaya agar biaya dapat lebih ditekan dengan mengajak teman-teman lainnya.
  • Siapkan segala kebutuhan pribadi seperti pakaian ganti,pakaian snorkeling,alat mandi,obat-obatan pribadi terutama minyak angin dan obat mabuk perjalanan untuk menghindari mabuk laut.
  • Siapkan kondisi tubuh agar dapat menikmati perjalanan wisata tanpa hambatan.
  • Tiba di pom bensin muara angke (meeting point keberangkatan ke p.tidung) sebelum jam 6.20
  • Sesampainya di pulau tidung sebaiknya langsung memilih sepeda agar lebih leluasa mendapatkan sepeda yang kualitasnya masih bagus.
  • Sebaiknya snorkeling dilaksanakan pada siang hari pada hari pertama agar lebih puas dan tidak terburu-buru mengejar kapal pulang ke muara angke jika snorkeling keesokan harinya.
  • Siapkan kamera underwater untuk mengabadikan keindahan bawah laut kepulauan seribu.
  • Bawalah makanan ikan atau roti kering ketika snorkeling untuk mengundang ikan mendekat.
  • Pilihlah masker snorkel yang betul2 kencang dan pas dengan wajah untuk menghindari masuknya air ke hidung saat kita bersnorkeling
  • Gunakan fins atau kaki katak yang pas dengan ukuran kaki kita agar tidak terlepas saat bersnorkeling.
  • Jangan lupa menggunakan sunblock untung menghindari kulit terpanggang matahari
  • Untuk wanita muslim yang berjilbab, sebaiknya menggunakan bergo/jilbab langsung ketika snorkeling agar tidak repot.
  • Jangan lupa untuk membawa air minun dan cemilan saat berangkat snorkeling karena akan menguras tenaga dan mengundang lapar dan haus.
  • Eksplorasi keindahan pulau tidung yang terkenal dengan jembatan cintanya dan pantai pasir putih perawan sepuasnya
  • Perhatikan keadaan bulan pada penanggalan jawa atau hijriah untuk menghindari air pasang, karena jika pasang maka pantai pasir perawan tidak bisa kita nikmati karena naiknya air laut.
  • Untuk menguji adrenalin, cobalah melompat dari jembatan cinta setinggi 11 meter, jangan takut dan mintalah guide untuk menjaga dibawah air.

About Aliya Mu'afa

Backpackers, graphic designer, blogger and founder triphemat.com

Posted on January 4, 2011, in Travelling. Bookmark the permalink. 18 Comments.

  1. keren bgt share nya le…
    Perlu di contek gaya nulis nya niy…

  2. Tahun baru kemaren saya baru aja kesana, emang kondisinya ga jauh beda sama yang ditulis sama sis. Petualangan yang ga terlupakan, apalagi tes nyali dengan terjun dari jembatan, bikin ketagihan…
    Sayang kondisi jembatan ada beberapa yang berlubang & sampah di pantai sudah mulai muncul, tapi diluar itu Pulau Tidung recomended banget deh…

    • yupz……kemarin sempet ngobrol2 banyak sama pak amsir ttg kondisi jembatan dan kebersihan pulau, kata beliau, sebetulnya para agent travel telah berinisiatif untuk secara swadaya memperbaiki jembatan, tapi gak diijinkan oleh pak camat, katanya biar pemerintah yg punya urusan, biar gak ada masalah dikemudian hari.

      kalau masalah sampah, sayang banget karena sampah yang ada disekitar tepi pulau adalah sampah kiriman dari laut yg notabene sampah hasil warga jakarta sendiri. sedih ya, dari sampah plastik hingga sampah kulkas rusak “nyangkut”nya di pulau tidung, menurut pengakuan pak amsir.

  3. Kereeeeen le…. jangan ragu untuk ke tidung rekan-rekan.
    Orang bilang tidung sudah kotor tetapi menurut saya jauh lebih rapih dan tertata. memang di sebagian spot terlihat sampah kiriman namun secara keseluruhan tetap indah.

    Mungkin yang perlu diperbaiki adalah “jembatan cinta” yang menjadi ICON Pulau Tidung dan pembangunan bangunan yang tetap memperhatikan AMDAL dan ekosistem kelautan.

    Jangan lupa juga kita sebagai wisatawan tetap peduli lingkungan mulai dari hal kecil, JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN.

  4. klo saya mau bawa balita 3thn,enaknya gimana?paket seperti apa yang dipilih dan ada tips ga?tq

    • pilih paket tanpa snorkeling aja aja mas….jadi bisa puas main2 main di pantai sama keluarga atau keliling pulau dengan sepeda.

      tips untuk wisata dengan balita 3 tahun, siapkan segala keperluan dg lengkap dan obat-obatan untuk menghindari hal yg tidak diinginkan, pantau terus kondisi angin laut/ombak dan jangan lupa siapkan kondisi fisik.

      salam jalan-jalan

  5. mantab nih pulau tidung… smoga aja gak tercemar karena terlalu dekat ke jakarta….hehe😀

  6. Kalo cm 2 orang tp mau snorkeling jg berapa biayanya? trus kalo snorkeling tanpa perahu bisa ga?
    Trims sebelumnya

    • snorkeling tanpa perahu juga bisa koq, tapi cuma disekitar perairan pulau tidung aja (spotnya ada di dekat jembatan cinta). kalo cuma ber2 lebih baik ngurus sendiri aja mas, lewat pak amsir atau gabung dengan peserta lain. hehehehe

  7. Tanya lagi nih, antara pulau tidung dan green canyon lebih mahal mana ya budgetnya (titik pemberangkatan jkt dan sekitarnya)
    Trus kalo dari segi excitement diantara 2 tempat itu gmn? (sorry banyak nanya hehe thx)

    • green canyon sama pulau tidung itu sensasinya beda mas… yg satu pulau dg pantai dan pemandangan bawah lautnya dan yang satu lagi sungai dengan tebing2 indah. klo ber 2 ke Green Canyon cukup bawa 400.000an sedangkan kalau ke pulau tidung (jika snorkeling hanya disekitar pulau tidung) maka kira2 biayanya sekitar 250-300.000an

  8. mantab nie infonya, bsk pagi mau meluncur kesana, buat yg perlu info paket liburan yang lain bisa mampir

  9. saya mau share ttg sebagian tips yg dibutuhkan kalau berencana ke P.Tidung http://goo.gl/rDnKV
    Enjoy it..!!!😀

  10. kalo dijakarta ada pulau tidung klo dijawa ada pulau karimunjawa , mantap
    dimanapun tempatnya jangan mengambil apapun selain gambar dan jangan meninggalkan apapun selain jejak kaki
    save our earth

  1. Pingback: Wisata Pulau Tidung bersama “Bandar Pulau Tidung” « Corat – coret

  2. Pingback: Wisata Pulau Tidung bersama “Bandar Pulau Tidung” « Corat – coret

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: