Wisata Pulau Tidung bersama “Bandar Pulau Tidung”

enjoy Tidung Island

”Lucky me as a blogger” Cuma kata-kata itu yg mungkin dapat menggambarkan kegembiraan saya ketika mendapatkan kesempatan untuk wisata ke Pulau Tidung di kepulauan seribu jakarta secara gratis bersama 3 blogger lainnya (lathiful amri, peggi widiyanto dan adhadi praja) atas sponsor dari salah satu provider wisata di pulau tersebut, yaitu Bandar Pulau Tidung. Meskipun ini kunjungan yang kedua (kunjungan pertama bisa dibaca disini), tapi rasanya antusiasme saya tidak surut sedikitpun.  Bandar Pulau Tidung sendiri adalah sebuah penyedia layanan wisata yang memiliki beberapa paket wisata murah maupun yang lengkap dengan fasilitas prima.

Setelah tanggal keberangkatan telah disepakati (24-25 Des 2010), kami pun (saya dan teman lainnya) berkumpul di muara angke untuk melakukan penyebrangan. Pada hari H, ternyata ada penambahan 3 orang peserta dalam rombongan kami. 1 diantaranya teman saya yang seorang wartawan salah satu media cetak ternama, dan 2 lainnya adalah pasangan suami istri. Dengan penambahan ini, rombongan kami menjadi berjumlah 7 orang.

Homestay yang nyaman dan full AC

biking paradise dengan sepeda baru

Layaknya tamu undangan, sesampainya di Pulau Tidung kami pun disambut dengan pelayanan super dan fasilitas terbaik. Diantaranya homestay yang nyaman dengan full AC, sepeda yang masih baru,menu makanan seafood yang lezat, welcome drink yang menyegarkan dan sederet fasilitas lainnya.

Hari pertama, seperti kebanyakan pengunjung pada umumnya, kegiatan kami adalah snorkeling, bersepeda menjemput senja dan barbeque pada malam harinya. Spot snorkeling yang kami tuju adalah pulau karang beras, karakter karangnya agak berbeda dengan pulau air atau pun pulau payung. Mayoritas terumbu karang di pulau ini berbentuk bongkahan besar membulat berwarna cerah seperti biru, ungu dan hijau dengan ikan kecil berwarna-warni yang beberapa kali lewat secara bergerombol. Sayang saya tak membawa kamera underwater untuk mengabadikan keindahan tersebut.

happy snorkeling at karang beras island

perfect sunset, pantai barat pulau tidung

happy sunset

happy sunset

Selepas snorkeling, perahu merapat ke jembatan cinta. Tadinya kami ingin menghabiskan senja ditempat ini, namun Amri punya ide lain. Ia yang juga sudah pernah ke Pulau Tidung sebelumnya mengajak kami ke Pantai Barat menggunakan sepeda, karena menurutnya di sanalah sunset akan terlihat sempurna dengan suasana yang lebih sepi. Ternyata benar, dipantai barat kami dapat menikmati indahnya sunset dengan lebih leluasa. Bahkan kami menemukan beberapa bintang laut ditempat ini. Malam harinya, kami diajak untuk menikmati malam dipinggir laut dengan ber-barbeque ria dan menyantap ikan bakar sambil bersenda gurau.

bintang laut pulau tidung

menyambut senja

Hari kedua, kami yang tadinya berniat menjemput pagi di jembatan cinta ternyata bagun kesiangan. Beruntung kala itu matahari bersembunyi dibalik mendung. Perjalanan pun kami lanjutkan untuk mengeksplorasi pulau tidung kecil dengan menyusuri jalan setapak yang diapit ilalang dan pepohonan liar untuk menuju pantai pasir putih perawan. Tak menyia-nyiakan view yang begitu indah dan sepi. Kami dengan antusias berfoto dengan berbagai gaya. Meski matahari enggan menyapa, tapi kami tetap bergaya di tengah hamparan pasir putih.

pantai pasir putih pulau tidung kecil

pantai pasir putih pulau tidung kecil

pantai pasir putih pulau tidung kecil

Puas bermain dan berfoto di pantai pasir putih perawan Pulau Tidung Kecil, kami kembali ke Pulau Tidung Besar setelah sebelumnya mampir untuk mengeksplorasi jembatan cinta dan berenang di perairannya yang bening dan tenang. Tak terasa hari menjelang siang dan kami harus bergegas kembali ke homestay untuk bersiap pulang. Wisata Pulau Tidung bersama “Bandar Pulau Tidung” pun berakhir dan menyisakan kenangan tentang keindahan ini dan pelayanan yang sangat memuaskan. Terima kasih “Bandar Pulau Tidung”. buat kalian yang mau ke pulau tidung bisa menggunakan jasa “Bandar Pulau Tidung” dengan menghubungi mas Romi 085716169794.

melayang di pulau tidung

gembira ria

gembira ria

gembira ria

menatap laut

About Aliya Mu'afa

Backpackers, graphic designer, blogger and founder triphemat.com

Posted on January 11, 2011, in Travelling. Bookmark the permalink. 21 Comments.

  1. ya ..indah pulau ini persis penulis nye..
    tapi di mana ya pulau nya.

  2. keren tuch yang ngefotoinnya,

  3. keyenn uiiii,,gw blon perna ke tidunggggg

  4. cantiknya…. harus pergi kesana ni… Moga adawaktunya, btw thanks sharenya mbak, seneng bs mampir

  5. Mbak Aliya boleh nanya gak, signal HP di tidung ok gak? atw cm bs provider tertentu aja. Thanks

  6. nice trip, foto2nya seru bikin senyum lebar🙂

  7. kira2 perjalanan dari jakarta ke pulau tidung brapa jam mbak..?

    blog nya kereeen mbak
    thanks bwt infony,,

    dul

    • tergantung berangkat dari mana mas, kalau dari muara angke umumnya sekitar 3 jam. tapi kalau dari dermaga marina ancol menggunakan kapal cepat kerapu bisa cuma 2 jam aja. thanks ya udah mampir🙂

  8. Salam kenal ya… mampir dulu, barangkali ada rekan rekan dan kawan kawan yang mau kepulau resort dan mo dapetin Discount Pulau Seribu, Bidadari, Pantara, Kotok, Putri, Ayer, Sepa, bisa langsung telpon ke sini : 02168274005 / 08159977449.

  9. indah sekali pemandangan pulau tidungnya,keren banget

  10. Kapan-kapan boleh ni.. ngetrip bareng kesana ;D Salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: