Jogjakarta, Never Ending Asia

Jogjakarta adalah tujuan wisata favorit utama di Pulau Jawa, dan tujuan wisata terpopuler kedua di Indonesia setelah Bali. Koq bisa? ya bisa dong….Jogjakarta adalah salah satu yang teristimewa di negeri kita. Budaya jawa yang sangat kental dan lestari dipadu padankan dengan keramah-tamahan warganya, peninggalan purbakala dan alam yang elok membuat daerah kekuasaan Kanjeng Sri Sultan Hamengkubuono ini sebagai tujuan wisatawan dengan berbagai destinasi yang seakan tiada batasnya. Wisata budaya, belanja, sejarah, kuliner, alam, religi dan bahkan adrenalin sekalipun semua lengkap ada di jogjakarta. Maka tak berlebihan rasanya jika Jogjakarta adalah never ending Asia dengan seabrek wisata yang akan memanjakan kita. Berikut ini saya tuliskan beberapa tujuan wisata di jogja yang patut dijadikan destinasi selanjutnya.

  • Candi Prambanan, Candi Plaosan dan Cantiknya sunset di Candi Ratu Boko

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Jogja memang tempatnya puluhan candi berdiri, dari sekian banyak candi mungkin yang paling populer adalah Candi Prambanan di Sleman dengan kisah Roro Jonggrang-nya yang meminta dibangunkan 1000 candi oleh Bandung Bondowoso. Setiap malam-malam tertentu terdapat pagelaran sendratari Ramayana di pelataran candi cantik ini, tak heran Prambanan memiliki daya pikat luar biasa bagi para wisatawan.

Candi Plaosan, candi kembar yang cantik

Candi Plaosan, candi kembar yang cantik

Selain Prambanan, ada candi lain yang tak kalah cantik tang terletak hanya 1 kilometer dari Prambanan, namanya candi Plaosan, atau yang lebih dikenal dengan candi kembar. Candi Plaosan dibangun Rakai Pikatan memiliki beberapa keunikan dibanding candi lain, yaitu dua candi utamanya yang “kembar”, ada ventilasi udara dan teras yang permukaannya halus. Di candi ini juga terdapat figur Vajrapani, Amitbha, dan Prajnaparamitha. Tak perlu mengeluarkan uang tiket untuk memasuki candi hindu ini, cukup dengan membayar uang sukarela untuk perawatan candi.

Senja di Ratu Boko

Senja di Ratu Boko

Senja di pantai mungkin sudah biasa, tapi senja di candi? Ratu Boko-lah tempatnya. Yap! Candi yang terletak di dataran tinggi ini memang tempat favorit menikmati senja dengan view kota jogja yang luar biasa. Disini, bukan hanya langit kemerahan yang kita dapatkan. Tapi eksotisme sebuah Candi yang membuat semburat kemerahan senja menjadi lebih bernyawa. Cukup dengan Rp. 10.000 kita bisa merasakan nyaman dan damai senja di Ratu Boko

  • Musium budaya jawa, Ullen Sentalu. Musium dengan konsep out of the box

Salah satu sudut musium ullen sentalu

Salah satu sudut musium ullen sentalu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagi saya yang tidak terlalu suka dengan musium, rasanya langsung jatuh cinta dengan Musium Budaya Jawa Ullen Sentalu di Kaliurang Jogjakarta. Bayangan saya tentang musium yang menyimpan benda-benda bersejarah namun tak terawat dalam ruang luas yang berdebu langsung hilang seketika saat tiba di musium unik ini. Ya! konsepnya yang out of the box memang sangat berbeda dari kebanyakan musium. Ruangan utama musium justru berada di dalam tanah dengan penataan yang apik, beranjak ke ruang-ruang selanjutnya kita akan disajikan dengan koleksi budaya jawa seperti batik, lukisan dan benda bersejarah lainnya yang disimpan pada ruang-ruang yang terbagi dalam konsep labirin. Mengapa labirin? karena menghindari penebangan pohon agar alam tetap asri. Untuk masuk kemusium, kitra cukup mengeluarkan dana 25.000 termasuk guide dan minuman teh awet muda sebagai penutup kunjungan. Sayang, kita dilarang mengabadikan apa yang ada di dalam musium. Dan hanya bisa mengabadikan sudut-sudut lain diluar musium yang juga unik dan asri.

  • Taman Sari, pemandian para putri raja

Taman Sari Jogjakarta

Taman Sari Jogjakarta

Konon, disinilah tempat pemandian putri raja dan tempat raja memadu kasih dengan permaisuri dan para selir. Entahlah, tapi buat saya Taman Sari adalah tempat wajib yang harus dikunjungi jika ke jogja. Bertempat di pusat kota membuat tempat ini menjadi tujuan selanjutnya  setelah mengunjungi keraton jogjakarta atau berbelanja di malioboro.  Meskipun tidak terlalu luas dan tak banyak yang bisa kita explorasi disini, namun suasannya yang asri dan sejuk membuat siapapun merasa betah di taman air ini. Tapi jangan membayangakan kita bisa mandi-mandi di Taman Sari layaknya pemandian lain. Karena tempat ini adalah salah satu cagar budaya jogjakarta yang patut kita jaga dan kita lestarikan.

  • Cave Tubing Goa Kalisuci, menyusuri sungai purbakala

Cave Tubing Goa Kalisuci

cave tubing goa kalisuci

Cave Tubing Goa Kalisuci

Mencoba sensasi mengarungi sungai di dalam goa dengan bantalan ban dalam? mengapa tidak? bagi pecinta wisata petualangan rasanya sangat patut mencoba cave tubing di goa kalisuci gunung kidul jogjakarta ini. letaknya yang berada di tanah tandus gunung kidul yang mengandung kapur rasanya hampir tidak mungkin menemukan wisata petualangan air, tapi jangan salah, justru di sanalah banyak terdapat tempat-tempat indah yang tak pernah kita duga. salah satunya goa kalisuci. dan ternyata wisata sejenis hanya ada tiga tempat di dunia, sisanya berada di meksiko dan newzealand.

sensasi mengarungi sungai bawah tanah akan kita rasakan selama 1 jam dengan panjang sungai 500 meter dan melewati 2 goa. air sungai yang hijau toska dengan tebing indah mengingatkan kita pada wisata body rafting Green Canyon Pangandaran. Tapi itu hanya di mulut goa, selebihnya akan terasa sangat berbeda karena arus sungai dan gelapnya goa akan membuat kita berada dalam petualangan yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

sedikit tips dari saya ketika cave tubing di goa kalisuci adalah siapkan stamina ekstra karena setelah bersenang-senang  kita akan menaiki tebing curam dengan kemiringan lebih dari 50 derajat. selain mempersiapkan stamina, sebaiknya membawa kamera anti air atau kamera dengan case underwater untuk mengabadikan setiap momen petualangan namun kamera tetap aman dari air.  selamat berpetualang!!!

Contact person: Winarto (0877 3879 4513), Kendro (0878 3974 0730), Yanto (081 7412 2826).

Biaya : 65.000/orang (minimal 5 orang)

  • Tugu Jogja, sebuah signature kota budaya

Tugu Jogja

Jakarta punya monas sebagai tugu kebanggaan, bali punya monumen bom bali dan sepertinya tugu jogja adalah signature kota budaya ini. Tugu yang berada di tengah persimpangan Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro ini telah berusia hampir 3 abad. Tinggi bangunan ini awalnya 25 meter, namun pada 10 Juni 1867 terjadi gempa yang mengguncang Yogyakarta dan  membuat bangunan tugu runtuh. dan pada tahun 1889 tugu jogja kembali dibangun oleh Belanda dengan arsitektur yang berbeda dan hanya memiliki ketinggian 15 meter saja. Namun apapun yang terjadi, tugu jogja adalah saksi sejarah.

Disini, kita tidak hanya bisa berfoto dengan bangunan kebanggan warga jogja. tapi juga menikmasti hidangan angkringan depan kantor berita Kedaulatan Rakyat (KR) yang bersahaja, atau mencoba kopi joss, minuman kopi yang di celupkan bara. Kalau sudah begini, rasanya belum ke jogja jika belum ke Tugu Jogja.

  • Cangkringan Merapi, menapaki gagahnya gunung api teraktif

Gagahnya Merapi

ingin menapaki gagahnya merapi? datanglah ke cangkringan. disini terlihat jelas betapa dahsyatnya dampak erupsi gunung api teraktif di dunia. dimana lahan yang hijau berdampingan dengan lahan yang hangus dan  rata dengan tanah. namun disini juga kita bisa merasakan semangat warga “mbah maridjan” yang bahu – membahu bangkit dari keterpurukan. karena mereka sadar, sesungguhnya gunung merapi yang dicintai tidaklah murka. tapi sedang memberi mereka hadiah material yang berlimpah dan tanah yang subur.

About Aliya Mu'afa

Backpackers, graphic designer, blogger and founder triphemat.com

Posted on December 19, 2011, in Travelling. Bookmark the permalink. 17 Comments.

  1. Jogja memang istimewa. I love this City.🙂

  2. masih kurang liputan tentang pantai2 d jogja mbak… ayo k jogja lagi.. ^^

  3. boleh minat info trip hemat ny untuk ke cave tubing goa kalisuci?,.,.,. thaks dan salam kenal,..

  4. Infonya bagus mbak🙂

    jalan-jalan sekalian tukran link mbak.🙂

  5. salam kenal…suka travelling ya???boleh donk bagi2 pengalaman…pengen backpacker ke bali ni berdua ama suami..hehehe…

  6. Kereennn…

    Semoga ku bisa ke Jogja🙂

  7. Selamat ya mbak, dapat silver. blog saya musti belajar sama mbak alya. btw wisata ke yogyakarta itu wajib. banyak objek wisata di sini. ada kraton, merapi, pantai dan candi…

    • hehehe kita sama2 belajar koq🙂
      makasih ya, masih banyak yg harus saya tambahkan nih dalam wisata jogja karena blm sempat mengupas pantai2, air terjun dan makam raja2 di imogiri

  8. Jogya memang travel destination dari dolo, banyak pilihan untuk dikunjungi….

  9. my second city, coz much mem’ry there

  10. kalau 2 hari ke jogja bagusnya kmna yah gan?

  11. di daerah patuk gunungkidul, view bgus bgt…bs googling untuk dicek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: