Explore Beautiful Bromo & Arround Part 2

Explore Beautiful Bromo & Arround Part 1

Curug / Air Terjun Madakaripura

Si Cantik Air Terjun Madakaripura

Si Cantik Air Terjun Madakaripura

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Hari semakin siang saat kami asik menikmati indahnya padang savana Bromo, dan kami pun bergegas kembali ke penginapan untuk segera bersiap menuju destinasi selanjutnya. Air terjun Madakaripura di Probolinggo. Awalnya sempat bingung untuk mencapai lokasi air terjun yang jauh dari jalan raya dengan akses yg sulit dijangkau. Tapi setelah rembukan dan mencari beberapa informasi tambahan akhrinya kami memutuskan untuk kembali menyewa jeep warga dengan harga Rp. 400.000. Agak mahal memang, namun harga segitu bagi kami sudah cukup bersahabat bila dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum dan disambung dengan ojek seharga Rp. 100.000 PP. Belum lagi harga tersebut sudah termasuk jasa antar sampai ke terminal Probolinggo.

Perjalanan dari Cemoro Lawang ke air terjun Madakaripura ditempuh sekitar 2 jam, melewati hutan dan kebun mangga dengan jalan yang menanjak dan semakin menyempit. Saya yang  tertidur selama perjalanan sempat khawatir takut kami di bawa ke tempat lain oleh si supir karena jalanan yg melewati kutan menanjak. Namun ternyata memang beginilah jalan yang harus ditempuh untuk menuju air terjun Madakaripura.

Air terjun utama

enjoy madakaripura waterfall

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sesampainya di pintu masuk, kami sudah disambut oleh gagahnya patung Gajah Mada, konon dulu disinilah Patih Majapahit ini kerap beristirahat mencari ketenangan. Tak hanya patung, kami juga disambut oleh para guide yang menawarkan jasanya. Awalnya kami sempat merasa “dipaksa” untuk menggunakan jasa guide dengan harga yang cukup mahal, 50.000/guide.Namun demi keselamatan selamat trekking akhrnya kami setuju menggunakan jasa guide.

Benar saja, selama trekking jasa guide dirasa cukup berguna. Trek yang sebetulnya sudah dibuat kini rusak parah karena air bah dan trek tersebut terputus di beberapa titik hingga memaksa kami beberapa kali menyebrangi  sungai yang berarus cukup deras. Guide sangat membantu kami menemukan jalan lain untuk menuju air terjun dan menuntun kami melewati sungai. Tapi buat pecinta petualangan, rasanya akan lebih seru jika tanpa guide asal tetap berhati-hati.

disambut patung Gajahmada

enjoy madakaripura waterfall

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah melakukan trekking selama 45 menit, akhirnya kami sampai di Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini terdiri dari beberapa air terjun, yang pertama memiliki debit air yang tidak terlalu besar dan jatuhnya air melewati dedaunan hingga lebih mirip hujan abadi, lebih masuk ke lorong, kita akan menemukan air terjun utama yang lebih besar dengan karakteristik berbeda.

trekking menuju air terjun madakaripura

Cantiknya air terjun Madakaripura dan keasrian alam sekitarnya benar-benar menciptakan suasanya yang benar-benar menyejukkan. Disini, kepenatan di otak seakan hilang seketika berganti dengan pikiran yang fresh . Dengan begini, rasanya sangat mungkin jika dulu Maha Patih Gajahmada sering beristirahat di Air terjun Madakaripura. Satu cacatan dari saya, jika ke sini kita harus siap basah agar betul-betul menikmati. Air yang jatuh seperti hujan abadi serta beningnya sungai seolah mengajak bermain bersama. Tapi bagi yang tidak ingin basah-basahan, di lokasi air terjun terdapat penyewaan payung warna-warni seharga Rp. 5000/buah. Selain untuk melindungi agar tidak basah, paying cantik yang disewakan juga bias dijadikan properti  foto.

Bertemu dan Menemukan dia

Trip Bromo dan sekitarnya saya ikuti atas ajakan seorang teman yaitu deni, praktis saya hanya mengenal dia, sementara  4 teman lainnya betul-betul baru kenal di stasiun (abe, esthi, rina dan rahmi). Tapi siapa sangka saya malah menemukan cinta di trip kecil ini.

Canda sederhana, obrolan ngalor ngidul sampe pembahasan poligami saat makan siang ternyata adalah awal semuanya. Setelah itu, sms berlanjut dan semakin intens hingga akhrnya kami sepakat memulai sesuatu yang lebih serius.

Terima kasih Tuhan telah mempertemukan saya dengannya

Terima kasih telah mempertemukan kami dengan cara yang indah dan di tempat yang indah

Terima kasih atas cinta yang dipertemukan

Biaya trip Bromo, rafting pekalen atas dan air terjun madakaripura

  • Pengeluaran personal
  1. Tiket Kereta Api ekonomi Matarmaja PP 51.000 x 2 = 102.000
  2. Makan 10-15.000
  3. Angkot ke stasiun arjosari malang 3.000
  4. Bus Malang –  terminal probolinggo  12.000
  5. Bus probolinggo – Malang  12.000
  6. Rafting Sungai Pekalen Atas 220.000
  7. Tiket masuk wisata  +/- 20.000
  • Pengeluaran bersama (6 orang)
  1. Carter angkot terminal probolingo – pekalen  75.000
  2. Carter pick-up pekalen – terminal probolinggo  75.000
  3. Sewa Elf / Bison probolinggo – cemoro lawang  260.000
  4. Penginapan 2 kamar 320.000
  5. Sewa hardtop/jeep (pananjakan, bromo, padang savanna)  400.000
  6. Sewa hardtop/jeep (madakaripura, probolinggo)  400.000
  7. Tip guide madakaripura   50.000
  8. Lain – lain   200.000

About Aliya Mu'afa

Backpackers, graphic designer, blogger and founder triphemat.com

Posted on February 28, 2012, in Travelling. Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: